Profile Jurusan

PROFIL JURUSAN KEBIDANAN

 

Poltekkes Kemenkes Kendari merupakan institusi pendidikan tinggi kesehatan di Provinsi Sulawesi Tenggara yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesehatan Sosial RI Nomor 298/MENKES-KESSOS/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001. Keputusan ini menjadi landasan menggabungkan tiga akademi kesehatan yaitu Akademi Keperawatan, Akademi Gizi dan Akademi Kebidanan menjadi satu institusi pendidikan tinggi yaitu Politeknik Kesehatan Depkes RI.

Poltekkes Kemenkes Kendari merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kementerian Kesehatan yang bertanggungjawab kepada Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, bertugas menyelenggarakan pendidikan vokasi yang terdiri dari 3 (tiga) Jurusan yaitu: (1) Jurusan Keperawatan, (2) Jurusan Kebidanan, dan (3) Jurusan Gizi. Pada tahun 2012, Politeknik Kesehatan Kendari melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 355/E/O/2012 tanggal 10 Oktober 2012 tentang Alih Bina Penyelenggaraan Prodi pada Poltekkes Kemenkes RI dari Kementerian Kesehatan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jurusan Kebidanan memiliki 2 Prodi yaitu Prodi D-III Kebidanan dan Prodi D-IV Kebidanan. Jurusan Gizi terdiri dari 2 Prodi yaitu D-III Gizi dan D-IV Gizi. Jurusan Keperawatan terdiri dari 1 Prodi.

Dasar hukum pelaksanaan pembukaan dan penggelolaan Prodi D-III Kebidanan dan Prodi D-IV Kebidanan Poltekkes Kemenkes Kendari yaitu Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Nasional No. 298/MENKES-KESOS/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001 kemudian pada Surat Keputusan Kemendikbud RI No. 355/E/O/2012 tanggal 10 Oktober 2012 tentang Alih Bina Penyelenggaraan Program Studi pada Politeknik Kesehatan Kemenkes RI dari Kemenkes RI kepada Kemendikbud RI., maka sejak tahun 2012 terjadi pelimpahan Pembinaan Akademik di bawah Kemendikbud RI.

Dalam Proses penyelenggaraan Prodi D-III dan Prodi D-IV Kebidanan, telah dilakukan akreditasi oleh LAM-PTKES. Peringkat akreditasi terakhir adalah akreditasi B (Nomor SK: 0732/LAM-PTKes/Akr/Dip/X/2018 untuk Prodi D-III dan Nomor SK: 0732/LAM-PTKes/Akr/Dip/XII/2019).